daftar isi

Sabtu, 06 November 2010

Mengubah Bahasa Opera Mini 4.2

Seperti yang sudah dijelaskan oleh Bapak Modif Operamini indonesia yakni saudara Handler, bahwasanya didalam hukum java yang sangat sensitif setiap terjadi perubahan pada file v operamini 4.2 maka harus dirubah pula query pada headernya, jika bertambah ya harus ditambah, jika berkurang juga harus dikurangi query headernya.

Seperti biasanya ilmu modifikasi operamini tak diajarkan secara sistematis bagai kurikulum disekolah, namun disebarkan secara acak-acakan, saling tanya-jawab. Dan satu pertanyaan yang salah diataranya adalah dihex manakah dimulainya query pada header file v operamini?, kalau sudah dapet pertanyaan tersebut maka otomatis jawabannya adalah hex yang dimaksud, kalau opmin ori dari 2cdc sampai 384b, dst.

Sekilas tampak tak ada kesalahan dalam tanya jawab tersebut, dan akan muncul problemnya saat anda mulai praktek dan tak menemukan query tersebut, karena hex 2cdc hanya ada pada operamini en-us yang bisa anda download di http://mini.opera.com/dl/Hii3gVq7ZulkbvypF2QAQGb3Kh0BZGVmYXVsdF8yMDA5LnBuZw==/mini.jar , lalu coba anda download opera 4.2 tapi yang berbahasa indonesia

lalu perhatikan headernya, pasti beda dong, jadi intinya jangan berpatokan pada kode hexnya tapi coba teliti letak titik query pada software pengedit anda,.

Berikut ini adalah contoh query opmin bahasa indo didalam tampilan software pengedit mobilehex v.0.99 fix, silahkan langsung praktek untuk lebih memahami letak query pada berbagai jenis operamini 4.2 ori maupun modif.

mengubah_bahasa_opmin/
mengubah_bahasa_opmin/
mengubah_bahasa_opmin/

Okey setelah kita paham tentang letak query pada header yang pada opmin 4.2 biasa berjumlah 14 dan opmin labs berjumlah 18, maka kita tingkatkan skill modif kita pada pembahasan merubah atau mentranslate bahasa operamini.

Saya sarankan sebelum memulai ritual penggantian bahasa operamini pastikan waktu yang akan anda lewati benar-benar pas dan gak akan ada pengganggu konsentrasi anda, karena kesalahan 1 karakter saja membuat rusak seluruh file.

Kita coba aja memulai mengganti link start up atau link yang tampil pada saat pertamakali operamini diinstall yakni http://www.operamini.com/firtstime/4.2/ , coba anda hitung jumlah karakter link tersebut, ada 39 karakter bukan? Lalu bagaimana jikalau link penggantinya lebih dari 39 karakter jumlahnya? Kalau kurang dari 39 karakter tinggal isi sisanya dengan spasi atau tanda pagar (#).

mengubah_bahasa_opmin/
mengubah_bahasa_opmin/
mengubah_bahasa_opmin/

Misalkan saja link penggantinya adalah http://www.ksatria.waperindo.com/gb.php?id=1 coba anda hitung berapa jumlah karakternya? Ada 44 karakter bukan berarti lebih lima karakter dong? Hehe biar ajalah langsung tempel aja dulu lalu lanjutkan kesesi penranslitan berikutnya.

Selanjutnya kita mengganti tek ‘sedang memuat’ (saya memakai operamini 4.2 ori bahasa indo), kita ganti dengan teks ‘mencari sinyal-sinyal’ , sedang memuat = 13 karakter dan mencari sinyal-sinyal = 21 karakter (spasi juga dihitung), langsung tempel aja, yang perlu diperhatikan adalah indikasi perubahan bytenya.

mengubah_bahasa_opmin/
mengubah_bahasa_opmin/

Kalau dirasa sudah selesai maka jumlah ahir byte yang tertera dikanan atas mobilehex itu convert ke hex, carannya tekan 8 tuk memunculkan menu kalkulator, lalu tekan angka bytenya misalnya 13 lalu tekan tanda convert <> dan hasilnya adalah 0xd, dan 0xd inilah yang harus ditambahkan pada query-query diheader tadi

mengubah_bahasa_opmin/
mengubah_bahasa_opmin/
mengubah_bahasa_opmin/

Nah inilah modal dasar penggantian bahasa operamini, kalau anda lulus anda berpeluang merubah seluruh link dan teks yang ada di file v operamini sesuka anda.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar