daftar isi

Jumat, 05 November 2010

Tutorial modif opera mini (Splash)

sobat yang punya opera mini modifan , biasa nya kurang menyukai opera modifan tersebut pasti ada yang di perbaiki salah satu nya pasti splash screen (image saat installing/loading opera mini) ini saya ada beberapa tutorial yang bermanfaat
Cara 1
dengan hanya copy paste image saja :
tutorial menggunakan pc ,aplikasi yang di perlukan :
1. hxd editor 1.7
2. Opera mini naruto (untuk length 380A) dan Opera mini akatsuki (untuk length 119AF) "sebaik nya jangan memakai opera mini original"
3.emulator java (sjboy)
Langkah-langkahnya sbb:
1. Ekstrak Opera Mini 4.2 handler dgn menggunakan winrar pada sebuah folder.

2. Ambil file v dan pindahkan pada dekstop.

3. Pilihlah file gambar/ photo yg akan dijadikan splash screen dan harus berformat .png jika gambar/ photo msh berformat .jpg konvert dl ke .png bisa menggunakan adobe photoshop atau software lainnya. Untuk tutorial ini saya buat dgn ukuran 240x320 dan perlu diingat file gambar splash screen ini ukurannya harus di bawah 70kb dengan opera mini akatsuki dan 15kb dengan opera mini naruto . Simpan file gambar pada dekstop dan beri nama dgn splash.png

4. Bukalah software HxD editor 1.7 dan masukan kedua file td (file v dan file splash.png) dgn cara ditarik/ drag n drop dari dekstop dan masukan pada HxD Editor.

5. Klik pada tab file splash.png lalu tekan ctrl+A dan perhatikan length yg ada di bawah, lenghtnya harus 380A(opera mini naruto) atau 119AF(opera mini akatsuki). Jika lbh bsr dari 380A(opera mini naruto) atau 119AF(opera mini akatsuki) brarti file .png nya trlalu besar dan hrs di perkecil kembali dgn software image editor/ converter. Hati2 jg jgn membuat file gmbr yg trlalu kecil karena akan lama nanti menekan angka 0 nya. Nah jika sudah menunjukan length 380A(opera mini naruto) atau 119AF(opera mini akatsuki) lalu copy dgn cara menekan ctrl+A kemudian ctrl+C.

6. Klik pada tab file v dan pilih search pada menu bar dan pilih find atau ctrl+F, pada search for masukan kata "png" file tanpakutip lalu tekan enter. Setelah itu tekan F3 satu kali.

7. Perhatikan pada angka dan nomor yg diblok (50 4E 47) skrg bloklah mulai dari angka 89 (depan angka 50 4E 47) dan tarik kebawah terus sampai length menunjukan nilai 380A(opera mini naruto) atau 119AF(opera mini akatsuki) .

8. Setelah length menunjukan angka 380A(opera mini naruto) atau 119AF(opera mini akatsuki), lalu tekan ctrl+V dan angka akan berwarna merah, lalu save atau tkn ctrl+S dan keluar dari HxD Editor.

9. Perhatikan pada dekstop, kini file v bertambah 1 dgn nama v.bak, file v.bak ini adalah file backup sebelum dimodifikasi. Kalonanti ada kesalahan ngedit, masukan lg file v.bak ini. Nah skrg bukalah file Opera Mini dgn menggunakan winrar, drag n drop file v tersebut pada winrar dan save. Tes lah hasilnya dgn menggunakan java emulator bisa menggunakan sjboy atau kemulator. Oke selamat mencoba dan sem0ga bermanfaat.


Cara 2
dengan cara membuat splash dengan ukuran berapa saja :
Tool:
1. Hex Workshop
2. Adobe Photoshop/pixelformer/Ms. Paint
3. WinRAR/WinZip/AlZip (contoh menggunakan winrar)
4. File operamini atau Opera mini handler original
5. Image untuk splash baru . Ukuran disesuaikan dengan resolusi layar handphone
Langkah:

1. Buka file v operamini (catat dulu besar file v. Lihat gbr. 1) dan Image dengan hex workshop.
gambar 1





















2. Cari file *.png pada file v dengan cara Find (Ctrl + F) dengan mengetikkan key word "png", setelah ketemu lanjutkan dengan menekan F3 (Find Next) karena file *.png target kita yang ke dua (dalam file v operamini 4.2 ada 2 file *.png).
3. Blok file *.png tersebut dari header sampai End of file (8950 4E47 0D0A ... s/ ... 4E44 AE42 6082. Lihat gbr. 2).

gambar 2





4. Blok semua karakter pada file image dilanjutkan dengan Copy (Ctrl + C).

5. Pastekan hasil copy-an image ke file v yang tadi sudah di blok dengan paste special (cari di toolbar. Lihat gbr. 3) -& hexworkshop binary data (Lihat gbr. 4) -> Paste.

gambar 3
























gambar 4
'
















6. Save.

7. Lihat properties file v hasil (Lihat gbr. 5). Kemudian dikurangi dengan file v awal. Jika hasilnya positif maka nanti pada headernya di tambah, dan sebaliknya.
Dari contoh kita dapatkan nilai v awal 14495 dan v akhir 35858.
v akhir - v awal = 35858 - 14495 = 21363

gambar 5





















8. Tambahkan nilai hasil pengurangan file v hasil dengan file v awal. Pada header field mulai dari 2CDC sampai 384B (Lihat gbr. 6). kecuali yang bernilai 0000.

gambar 6


















9. Dari contoh header yang akan kita rubah dimulai 2CDC, kita blok field tersebut. selanjutnya tekan +. Kemudian pada Operand,
Treat Data As: 16 Bit Signed Short, Byte Ordering: Big Indian, Value: 21363 (hasil pengurangan file v) kemudian tekan OK (Lihat gbr. 7).

gambar 7













10. Ulangi Langkah no 8 hingga semua nilai header dari 2CDC sampai 384B berubah.
11. Save
12. Repack semua file operamini
13. Test di emulator

Tidak ada komentar:

Posting Komentar