daftar isi

Rabu, 04 Agustus 2010

Cara Setting Proxy di IE dan Firefox

Bagaimana sih cara setting proxy di mozilla firefox dan internet explorer / IE ? Pertanyaan seperti mungkin terlintas di dalam pikiran seseorang yang masih baru mengenal internet. Pertanyaan tersebut juga pernah muncul di benak saya ketika di awal-awal kenal internet. Bahkan pengertian proxy sendiri saya masih bingung. Tapi, berkat googling akhirnya sekarang bisa lebih paham.

Sebetulnya cara setting proxy itu sangat mudah, yang pertama harus kita lakukan adalah mendapatkan Ip proxy anonymousnya dulu. Kalau Free proxy favoritku sampai sekarang masih tetap jatuh pada :

118.97.67.34 port: 3128

Karena selain cepat, stabil juga asli proxy indonesia. Kalau mau cari yang lain silahkan googling atau menuju ke hidemyass.com karena di sana disediakan berbagai free proxy anonymous dari berbagai negara dan selalu up to date.

OKe, kita mulai dari cara setting proxy server di browser mozilla firefox :
1. Pertama, klik pada menu Tool / alat => setting / pengaturan => jaringan => pengaturan => konfigurasi proxy secara manual
2. Masukkan alamat ip proxy yang kalian dapat beserta port -nya.
3. Klik OK
4. Sekarang kalian sudah berinternet dengan ip proxy

Atau silahkan dilihat gambar / screenshot untuk pengaturan proxy di firefox berikut :

cara setting proxy

Untuk cara setting proxy di browser internet explorer (IE), berikut langkah-langkahnya, :
1. Buka browser IE kamu,
2. Pilih menu tool => internet option => connections => settings => centang di bawah tulisan proxy server
3. kemudian centang Use a proxy yang bertuliskan server for this connection dan kemudian klik advanced
4. isi protokol mana yang menggunakan proxy, misalnya di HTTP
5. Isikan proxy dan port
6. selesai

Untuk mengecek alamat ip kalian yang baru, apakah berubah / berhasil atau tidak silahkan dicek di whatismyip.com.

Atau kalau kalian pengguna browser mozilla firefox dan tidak mau repot, bisa cek alamat ip pakai addon firefox yang bernama eksternal IP. Coba kamu unduh dan install add-on tersebut di

https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/3372/

Dengan add-on ip eksternal tersebut, selain bisa mengetahui alamat ip kita secara otomatis juga ada pengaturan khususnya yang mampu memberikan peringatan jika alamat ip berubah kalau diaktifkan.

Demikian yang bisa saya share mengenai bagaimana cara setting proxy di browser. Semoga cukup jelas saya menjelaskannya dan bisa menjadi artikel bermanfaat. Namun jika ada yang perlu ditanyakan silahkan meninggalkan komentar atau barangkali ada masukan yang lebih baik juga saya persilahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar